**~~ SELAMAT DATANG DI BLOG MEDDIA HERBAL KANTOR PEMASARAN DEPOK** WEB SITE RESMI: www.meddia-herbal.com** MEDDIA HERBAL; RAMUAN HERBAL KUTAI KARTANEGARA** HERBAL FOR LIFE~~**

Kamis, 26 Maret 2009

GAGAL GINJAL

Pengertian
Ginjal adalah organ tubuh yang sering disalah-artikan oleh banyak orang, bahwa ginjal menyerupai saringan santan. Akan tetapi ginjal sebenarnya adalah sistem pembuluh darah. Sehingga bila terjadi kerusakan pembuluh darah, pada ginjal juga terjadi kerusakan. Ginjal sendiri memiliki banyak fungsi seperti filtrasi, re-absorsi dan ekskresi. Jantung memompa 15.000 lt/hari keseluruh tubuh dan sekitar 25 % (sekitar 4.000 lt/hari) mengalir ke ginjal. Dan ginjal akan mengekstraksi sekitar 170 ml/menit filtrat yang berupa sel darah, plasma, dan lain-lain. Kemudian filtrat diekstraksi kembali menjadi urine menjadi 1500 cc/hari.
Sebagai salah satu alat ekskresi zat-zat yang tidak terpakai lagi dalam tubuh, selain paru-paru dan usus, ginjal punya peran begitu penting dalam tubuh. Fungsi filtrasi dengan mengekstraksi 170 ml/menit dan diekstrak kembali oleh ginjal yang merupakan fungsinya sebagai re-absorbsi. Bisa dibayangkan tanpa fungsi re-absorbsi ginjal berapa banyak urine yang dihasilkan. Ginjal juga berfungsi untuk menjaga asam dan basa dari tubuh. Hal ini dikarenakan apapun yang dimakan akan memproduksi asam, sementara darah tidak diperbolehkan terlalu asam (pH = 7,44).

Hipertensi dan diabetes merupakan penyakit dari endotel (lapisan pembuluh darah). Sementara ginjal juga memiliki banyak endotel dan bila endotel mengalami kerusakan maka ginjal juga ikut rusak. Penyakit ginjal 80 % tidak terasa, tanda yang bisa dipakai adalah melalui pemeriksaan darah dan urine. Pemeriksaan darah bisa dilihat dari urium dan kreatinin apakah pada keadaan normal atau tidak?. Bila kedua indikasi melewati batas normal maka diperkirakan terjadi sesuatu pada ginjal. Indikasi normal urium adalah 40 mgr/dl dan untuk kreatinin 1,5 mgr/dl. Pemeriksaan urine juga menjadi indikasi penyakit ginjal bila urine mengandung protein/albumin. Pemeriksaan menandakan positif maka ada gangguan pada ginjal. Pada penderita diabetes pemeriksaan urine mesti dilakukan rutin bila positif mengandung mikro albumin maka ada kerusakan pada endotel.

Gagal ginjal adalah suatu penyakit dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan hingga akhirnya tidak lagi mampu bekerja sama sekali dalam hal penyaringan pembuangan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh seperti sodium dan kalium didalam darah atau produksi urine.


Pasien sebaiknya waspada jika mengalami gejala-gejala seperti: tekanan darah tinggi, perubahan jumlah kencing, ada darah dalam air kencing, bengkak pada kaki dan pergelangan kaki, rasa lemah serta sulit tidur, sakit kepala, sesak, dan merasa mual dan muntah.
Setiap orang dapat terkena penyakit ginjal, namun mereka yang disarankan melakukan pemeriksaan dini adalah orang yang memilik faktor risiko tinggi, yakni mereka yang memiliki riwayat darah tinggi di keluarga, diabetes, penyakit jantung, serta ada anggota keluarga yang dinyatakan dokter sakit ginjal.

Ada beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi ginjal kita. Yang paling umum adalah pemeriksaan urin. Adanya protein atau darah dalam kencing menunjukkan kelainan dari ginjal.

Penyebab Gagal Ginjal

Terjadinya gagal ginjal disebabkan oleh beberapa penyakit serius yang diderita oleh tubuh yang mana secara perlahan-lahan berdampak pada kerusakan organ ginjal. Adapun beberapa penyakit yang sering kali berdampak kerusakan ginjal diantaranya :

 Penyakit tekanan darah tinggi (Hypertension)
 Penyakit Diabetes Mellitus (Diabetes Mellitus)
 Adanya sumbatan pada saluran kemih (batu, tumor, penyempitan/struktur)
 Kelainan autoimun, misalnya lupus eritematosus sistemik
 Menderita penyakit kanker (cancer)
 Kelainan ginjal, dimana terjadi perkembangan banyak kista pada organ ginjal itu sendiri (polycystic kidney disease)
 Rusaknya sel penyaring pada ginjal baik akibat peradangan oleh infeksi atau dampak dari penyakit darah tinggi. Istilah kedokterannya disebut sebagai glomerulonephritis.

Pengobatan dan Penanganan dengan MEDDIA Herbal

1. Pasien yang belum cuci darah akan lebih cepat sembuhnya, bahkan tidak akan sampai terjadi cuci darah bila menggunakan produk BANDRUX dan KIWA hingga 2 bulan. Untuk satu bulan pertama adalah pengobatan dan satu bulan berikutnya sebagai perawatan dan pemulihan fungsi ginjal. Pada beberapa kasus bahkan pengobatannya lebih singkat.
2. Bila pasien sudah pada tahapan cuci darah, maka pengobatannya bisa lebih dari 2 bulan, namun tingkat kesembuhannya juga relative tinggi. Produk herbal yang digunakan BANDRUX, KIWA dan produk MEDDIA Herbal lain yang menunjang pengobatan, tergantung dari kasus yang diderita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar