Sabtu, 23 Desember 2017

Pola Makan Sehat Untuk Hidup Yang Berkualitas

Kita dilahirkan dengan hak untuk mendapatkan kesehatan; berada dalam keadaan sehat adalah hal yang alami. Karenanya kita harus mulai memahami bahwa secara keseluruhan, tubuh manusia bekerja sebagai sebuah sistem yang segalanya saling berhubungan. Bukan penyakitnya yang harus diperangi, melainkan bagaimana kita memahami dan menerapkan pola hidup sehat dan seimbang.

Suatu pola makan tidak dapat disebut sehat jika tidak mengikuti prinsip-prinsip fungsi sistem pencernaan, seperti keseimbangan asam basa tubuh, cara kerja sistem pencernaan dan siklus alamiah sistem pencernaan. Mengabaikan prinsip-prinsip tersebut, bukan hanya menyebabkan gangguan pencernaan, tetapi gizi yang kita peroleh dari makanan juga sedikit.

Sumber pangan yang dibutuhkan manusia sebenarnya sederhana saja, yaitu mencakup makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Mikronutrien adalah unsur mineral dan vitamin. Dalam hal karbohidrat, kita terbiasa mengenal sumbernya hanya beras atau nasi, roti, dan sumber berpati.

Sumber karbohidrat terbaik bagi manusia sebenarnya adalah sayur-sayuran mentah dan buah-buahan. Kita selama ini tak menyadari bahwa sayuran juga merupakan sumber karbohidrat, bahkan yang terbaik. Sayuran memiliki indeks glikemik yang rendah, tidak terlalu cepat diubah menjadi gula darah dalam dua jam setelah makan, berserat, berkapasitas antioksidan tinggi, dan alkalis (tidak asam yang mempercepat perusakan organ tubuh). Sayuran mentah masih memiliki enzim hidup yang membuat tubuh tidak perlu boros enzim untuk mengolahnya.

Nasi dan makanan berpati atau terigu memiliki indeks glikemik tinggi sehingga cepat diubah menjadi gula darah yang mengakibatkan lonjakan insulin mendadak. Lonjakan insulin ini memancing hormon eicosanoids pro-peradangan yang berujung pada investasi berbagai penyakit, termasuk yang belum disadari gejalanya. Untuk anak-anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan atau orang yang butuh makanan berpati sebaiknya diselipkan karbohidrat berpati seperti beras, ubi, singkong, talas, dan kentang.

Sejak di bangku Sekolah Dasar, pedoman hidup sehat selalu diajarkan dengan makan 4 sehat 5 sempurna (4S 5S). Tahun 1995 pedoman tersebut diganti dengan Pedoman Gizi Seimbang.
Jika Empat Sehat Lima Sempurna menekankan pada:
1. Makanan Pokok
2. Lauk-Pauk
3. Sayur-Mayur
4. Buah
5. Susu

Maka Gizi Seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Pedoman Gizi Seimbang memperhatikan 4 prinsip, yaitu:
1. Aneka ragam pangan
2. Perilaku hidup bersih
3. Aktivitas bergerak dan olahraga
4. Memantau berat badan ideal


Fungsi makanan bukan hanya sekedar untuk menghilangkan rasa lapar, tetapi lebih utama adalah untuk mendapatkan tenaga, mendapatkan zat-zat pembangun bagi sel-sel tubuh, mempertinggi daya tahan tubuh terhadap penyakit, serta untuk menjamin kelancaran segala macam proses yang terjadi di dalam tubuh. 

Kesehatan didukung oleh berbagai tindakan yang berlangsung secara biasa dalam keseharian kita, makan, minum, olahraga, beristirahat, tidur dan menjaga keadaan pikiran yang prima.
Kebiasaan kecil yang dapat kita lakukan untuk tetap sehat dan hidup seimbang :

  1. Bersyukur; selalu menutup dan mengawali hari dengan mengucap syukur atas karunia yang dilimpahkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. 
  2. Cukup konsumsi air; tubuh manusia sebagian besar adalah cairan. Air sangat penting keberadaannya bagi metabolisme dan peredaran darah, juga berperan dalam proses detoksifikasi. Jika tubuh mengalami dehidrasi, maka sirkulasi di dalam tubuh akan terbebani. Bahaya dehidrasi dapat dilihat pada http://media-herbal.blogspot.co.id/2014/01/bahaya-dehidrasi-bagian-1.html dan http://media-herbal.blogspot.co.id/2014/01/bahaya-dehidrasi-bagian-2.html
  3. Menghirup Udara yg bersih; udara adalah salah satu undur kehidupan yang ada di Bumi. Udara merupakan hal yang sangat vital bagi kelangsungan hidup makhluk hidup. Tanpa adanya udara, makhluk hidup tidak akan bisa bertahan hidup lama, bahkan hanya beberapa menit saja. Hal ini karena udara mengandung banyak gas-gas yang dibutuhkan, terutama untuk kepentingan bernafas yakni gas Oksigen. Oleh karena Oksigen ini sangat dibutuhkan untuk bernafas, maka dari itulah udara dianggap sebagai komponen yang sangat dibutuhkan di setiap saat. 
  4. Olah raga kecil & sinar matahari; dengan melakukan olah raga kecil, dapat memperbaiki tingkat metabolisme, membuat tubuh lebih rileks dan bugar. Lakukan olah raga kecil sesuai dengan usia dan kondisi tubuh. Sinar matahari dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. 
  5. Makan teratur; dengan makan teratur, kita bisa memperoleh energi dari setiap asupan makanan, dan dapat mencegah timbulnya gangguan pencernaan akibat terlambat makan seperti maag, tukak lambung. Jenis makanan yang paling baik adalah makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh secara seimbang (protein, vitamin dan mineral). Karbohidrat bisa kita dapatkan dari buah dan sayuran segar. 
  6. Tidur cukup & berkualitas; setelah beraktifitas seharian kita perlu istirahat untuk recovery sel-sel dalam tubuh kita dengan tidur cukup dan berkualitas selama 6-8 jam per hari.





Tanpa “perasaan menyayangi tubuh sendiri”, makanan akan menjadi penyebab terganggunya kesehatan. Semakin maju suatu negara, semakin banyak penderita penyakit akibat gaya hidup, karena standar memilih makanan bukanlah “keselamatan dan kesehatan”,  melainkan condong pada “nafsu


Manusia merupakan satu bagian dari daur Alam. Manusia tidak mungkin mencapai kesehatan dengan mengabaikan aturan Alam.

Scan Tubuh, dengan membalik ‘corong’ ke diri sendiri, tanyakan kepada tubuh kita,apakah ia sedih, apakah ia lelah, apakah ia kecewa, apakah ia tersiksa?.

Biasakan berkonsultasi dengan seluruh anggota tubuh, karena kesehatan kita bukan milik kita seorang diri, melainkan juga kesehatan semua nyawa yang tak terhingga jumlahnya yang membentuk diri kita.




(dirangkum dari berbagai sumber)



2 komentar:

InTips mengatakan...

memang faktor makanan menjadi salah satu penyebab dari berbagai macam penyakit. untuk itu menjaga pola makan sehat hukumnya wajib.
manfaat lidah buaya untuk kecantikan

1.000.000 Pengunjung Website Dan Blog mengatakan...

Info yang menarik bos

Posting Komentar