**~~ SELAMAT DATANG DI BLOG MEDDIA HERBAL KANTOR PEMASARAN DEPOK** WEB SITE RESMI: www.meddia-herbal.com** MEDDIA HERBAL; RAMUAN HERBAL KUTAI KARTANEGARA** HERBAL FOR LIFE~~**

Senin, 17 Januari 2011

Tips Jauhi Nyeri, Lindungi Sendi

Nyeri merupakan gejala umum yang dihadapi penderita penyakit, salah satunya nyeri akibat rematik. Untuk mengurangi nyeri rematik, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Olahraga teratur
Olahraga akan menguatkan otot-otot persendian. Selain itu, latihan fisik ini juga membantu mengurangi rasa capek yang mungkin timbul. Tidak ada salahnya berkonsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan latihan. Jika ingin beraktivitas, mulailah dengan jalan terlebih dahulu (aktivitas yang ringan). Hindari olahraga berbahaya dan berisiko cedera karena akan membuat sendi semakin meradang.

2. Usahakan tubuh selalu panas
Panas tubuh akan membantu mengurangi nyeri dan membuat nyaman. Salah satu cara efektif dengan mandi air hangat selama 15 menit. Sementara pilihan lain, gunakan alat bantu listrik yang mampu menghangatkan. Jika kulit tidak sensitif, berarti sirkulasi udara berkurang dan sebaiknya jangan pergunakan alat bantu penghangat ini.
Pilihan lain yang lebih aman, mudah dan murah untuk membuat tubuh selalu panas adalah dengan melakukan pernapasan selama 10-15 menit secara teratur setiap harinya. Ini akan memasok oksigen ke dalam tubuh serta menjaga kestabilan suhu tubuh.

3. Gunakan alat bantu
Alat bantu dapat dipergunakan untuk memudahkan pekerjaan dan mengurangi tekanan pada persendian. Dokter akan merekomendasikan alat bantu untuk memudahkan pekerjaan.

4. Terapkan pola makan sehat
Pola makan sehat terdiri atas sayur, buah, gandum. Semua itu mampu mengontrol berat badan dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

5. Lindungi persendian
Kurangi stress persendian saat beraktivitas. Apabila salah satu jari mengalami nyeri, pergunakan anggota tubuh lain untuk memudahkan aktivitas.

6. Usahakan tetap rileks
Apabila nyeri menyerang, usahakan mengurangi stress terhadap sendi dan usahakan tetap nyaman. Teknik yang bisa dilakukan, seperti hipnotis, tarik napas dalam dan relaksasi otot.

(Koran Seputar Indonesia, edisi Jumat 14 Desember 2007)


1 komentar:

ARB mengatakan...

terimakasih informasinya sangat bermanfaat.
Sukses terus. Terimakasih
http://stopkeringatberlebih.com

Posting Komentar