**~~ SELAMAT DATANG DI BLOG MEDDIA HERBAL KANTOR PEMASARAN DEPOK** WEB SITE RESMI: www.meddia-herbal.com** MEDDIA HERBAL; RAMUAN HERBAL KUTAI KARTANEGARA** HERBAL FOR LIFE~~**

Kamis, 13 Mei 2010

B A T U E M P E D U

PENGERTIAN
Batu empedu yang mengandung kristal atau amorf dapat mempunyai berbagai macam bentuk, batu itu dibentuk di dalam vesika felea. Empedu terdiri dari larutan netral dari garam empedu yang terikat (conjungated bile salt) dalam bentuk natrium, kolesterol, fosfolipid, dan pigmen empedu.
Berbagai faktor yang mempengaruhi pembentukan batu empedu, diantaranya :
- ekskresi garam empedu
- pigmen empedu
- kolesterol empedu
- infeksi
- substansia mukus
- konstitusi dan faktor lain

PENYEBABNYA
Batu empedu sebetulnya bukan batu, melainkan endapan-endapan kolesterol dan kalsium yang mengeras dan sering terbentuk menjadi bola-bola kecil, hanyut memasuki salah satu saluran yang menuju usus halus itu. Kalau ada sebutir batu yang menyumbat, tekanannya meningkat dibagian belakang dan itu menimbulkan kesulitan. Serangan batu empedu kerap kali timbul dimalam hari atau sesudah makan, disaat kantung empedu paling aktif. Itulah sebabnya orang kerap kali mengacaukan batu empedu dengan salah makan.

Kelainan utama yang dapat timbul pada kandung empedu adalah terbentuknya
batu di dalam kandung empedu (kolelitiasis) atau di dalam saluran empedu (koledokolitiasis). Batu empedu disebabkan oleh perubahan secara kimiawi pada empedu seseorang. Batu empedu terbentuk dari endapan kolesterol, pigmen bilirubin dan garam kalsium yang mengeras, namun kebanyakan batu kandung empedu terbentuk dari kolesterol. Timbulnya batu empedu akan menjadi masalah bila masuk ke salah satu saluran yang menuju ke usus halus. Kadang-kadang batu dapat terbentuk dalam saluran empedu itu sendiri, misalnya karena bekas
jahitan pada suatu operasi. Batu empedu lebih banyak ditemukan pada wanita dan faktor resikonya adalah : usia lanjut, kegemukan (obesitas), diet tinggi lemak, faktor keturunan.

TIPE BATU EMPEDU
- Batu empedu kolesterol
- Batu empedu pigmen
- Batu empedu campuran

GEJALANYA
- Nyeri perut
- Pusing-pusing
- Muntah
Namun pada kasus yang lebih berat, kemiripan itu tidak nampak. Kalau cukup banyak tekanan yang menumpuk dibelakang batu tersebut, kantung empedu dapat pecah, sebuah komplikasi yang amat jarang terjadi namun dapat membawa maut.

PENANGANAN DENGAN HERBAL
Penggunaan BEDDIA atau STAMED secara rutin selama satu bulan akan membersihkan batu empedu, dan yang terpenting adalah mengubah pola makan serta mematuhi pantangan yang diberikan. (diambil dari berbagai sumber)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar