**~~ SELAMAT DATANG DI BLOG MEDDIA HERBAL KANTOR PEMASARAN DEPOK** WEB SITE RESMI: www.meddia-herbal.com** MEDDIA HERBAL; RAMUAN HERBAL KUTAI KARTANEGARA** HERBAL FOR LIFE~~**

Selasa, 27 April 2010

10 Cara Menghindari Kanker

1. BERHENTI MEROKOK
Merokok adalah faktor resiko kanker yang terbesar, merupakan sebab utama terjadinya kanker paru dan berhubungan dengan hampir 30% kejadian kanker lainnya. Merokok sigaret, cerutu atau rokok pipa di dalam rumah akan menyebabkan terpajannya seluruh penghuni rumah termasuk anak-anak dengan asap rokok. Hal ini akan mengakibatkan penyakit saluran pernafasan seluruh penghuni rumah. Merokok pada saat hamil berbahaya bagi bayi yang dikandung.

2. HINDARI SINAR MATAHARI
Sinar matahari yang berlebihan menyebabkan kerusakan pada kulit dan kanker kulit. Lindungi kulit dengan krim tabir surya (sunscreen cream), gunakan baju berlengan panjang dan topi atau payung terutama saat terik matahari.

3. KURANGI KADAR LEMAK DALAM MAKANAN
Diet tinggi lemak secara langsung menyebabkan peningkatan resiko untuk terkena kanker kolon, prostat dan payudara. Makanan yang mengandung banyak lemak menyebabkan peningkatan berat badan dan kegemukan yang berhubungan dengan kanker di kandungan, kandung empedu, payudara dan kolon. Mengontrol berat badan dengan diet seimbang dan olahraga akan mengurangi risiko untuk terkena kanker.

4. PERBANYAK MAKANAN BERSERAT
Gandum, beras, sayuran dan buah-buahan merupakan sumber serat alami yang sangat baik dan melindungi anda dari kanker kolorektal. Makanan yang banyak mengandung serat seperti roti gandum, dedak, jagung, beras, bayam, kentang, apel, peer dan tomat sebaiknya dikonsumsi secara teratur setiap hari.


5. KURANGI KONSUMSI MAKANAN YANG DIASAP, DIBAKAR & DIAWETKAN DENGAN NITRIT
Kanker oesofagus dan lambung lebih sering dijumpai di negara yang penduduknya banyak mengkonsumsi makanan yang diproses dengan pengasapan maupun diawetkan dengan nitrit. Dalam makanan yang dibakar diketahui kandungan zat yang meningkatkan risiko kanker lebih tinggi.

6. PILIH MAKANAN YANG BANYAK MENGANDUNG VITAMIN A & C
Vitamin alami dan zat penting lain yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan dapat melindungi kita dari kanker oesofagus, laring, lambung dan paru. Jeruk, pisang, mangga, papaya, tomat, dan buah-buahan tropis lainnya, wortel serta brokoli merupakan sumber dari vitamin dan zat-zat penting tersebut.

7. KONSUMSI LEBIH BANYAK SAYURAN GOLONGAN KUBIS
Penelitian menunjukkan bahwa sayuran yang termasuk dalam golongan kubis, misalnya kol, brokoli, bunga kol, bok choy dan kale dapat melindungi anda dari kanker lambung, kolorektal dan kanker saluran nafas.

8. HINDARI MINUMAN BERALKOHOL
Apabila anda mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak, risiko untuk mendapat kanker hati dan lambung akan meningkat. Merokok disertai dengan minum alkohol akan meningkatkan risiko yang amat besar untuk terjadinya kanker mulut, tenggorokan, laring dan oesofagus.

9. PERIKSAKAN DIRI SECARA TERATUR
Pemeriksaan kesehatan secara teratur adalah langkah yang baik untuk dapat mengetahui adanya penyakit sedini mungkin. Pap smear dan pemeriksaan payudara sendiri maupun dengan mammografi merupakan cara yang sangat dianjurkan untuk mendeteksi secara dini kanker leher rahim dan payudara. Para pria dianjurkan untuk selalu memeriksakan diri akan kemungkinan adanya kanker di kelenjar prostat dan testis. Anda juga harus selalu memperhatikan setiap perubahan yang terjadi pada diri anda, misalnya timbulnya benjolan pada tubuh, perubahan suara menjadi serak, adanya perdarahan yang tidak normal, dll.

10. POLA HIDUP YANG SEIMBANG
Makan yang cukup dan seimbang gizi, penggunaan waktu yang seimbang antara bekerja, istirahat, rekreasi dan olahraga, serta selalu mendekatkan diri pada Tuhan, dapat mengurangi risiko untuk timbulnya penyakit kanker.

(Sumber: Divisi Pemasaran Rumah Sakit Kanker “Dharmais”)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar