**~~ SELAMAT DATANG DI BLOG MEDDIA HERBAL KANTOR PEMASARAN DEPOK** WEB SITE RESMI: www.meddia-herbal.com** MEDDIA HERBAL; RAMUAN HERBAL KUTAI KARTANEGARA** HERBAL FOR LIFE~~**

Minggu, 08 Februari 2009

Rokok dan Kanker Paru-Paru


"Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi,
dan gangguan kehamilan dan janin"

Walaupun terlihat menakutkan nampaknya para perokok (mungkin anda) sering mengacuhkan peringatan tersebut. Di balik sikap acuh anda, Tahukah anda seberapa hebat bahaya rokok bagi hidup anda? Tahukah anda bagaimana rokok dapat merenggut nyawa anda? Sadarkah bahwa anda sedang menggerogoti tubuh anda sendiri?
Rokok merupakan gaya hidup bagi sebagian besar orang baik orang tua, mahasiswa, remaja , bahkan anak SD sekalipun.Tetapi di balik kenikmatan merokok, ada 1000 macam gangguan kesehatan yang dapat ditimbulkannya.Melalui kesempatan ini, saya akan membeberkan fakta secara khusus bagaimana rokok dapat menimbulkan pembunuh no. 2 di dunia yaitu kanker.

Apa saja komponen rokok?
Rokok dibuat dari tanaman tropis Tembakau(Nicotiana tobaccum).Apabila dibakar, asap yang dihasilkan mengandung kurang lebih 4000 racun dengan 3 komponen utama yaitu Nikotin yang menyebabkan ketergantungan, TAR yang bersifat karsinogenik (pencetus kanker),dan karbon monoksida yang menyebabkan gangguan sistem pernafasan. Selain itu komponen2 lain yang terdapat di dalam rokok :
- Fenol (bahan pembersih lantai)
- Aseton (bahan pembersih cat kuku)
- Arsen (bahan racun tikus)
- Merkuri (penyebab penyakit minamata)
- Hidrogen Sianida
- Formalin (bahan pengawet mayat)
Bahan2 di atas dapat memperbesar resiko anda terkena kanker.

Bagaimana rokok dapat menyebabkan kanker?
Apabila anda menyalakan rokok dan menghisapnya, maka ratusan, ribuan, bahkan jutaan molekul2 radikal bebas masuk ke dalam tubuh anda. Apa itu radikal bebas? Free Radicals(FR) adalah suatu senyawa yang kehilangan elektron bebasnya sehingga bersifat sangat reaktif, apabila FR masuk ke dalam tubuh FR cenderung mencuri elektron dari tubuh, proses ini menyebabkan cedera pada membran sel dan inti khususnya paru-paru sehingga terjadi kelainan dan kecacatan pada DNA. Apa akibatnya? Terjadilah proses pembelahan sel yang abnormal dan tidak terkendali dan terjadilah tumor/kanker.
Selain asap rokok, lingkungan kita juga menghasilkan FR antara lain : Sinar UV dari matahari, gas buangan kendaraan bermotor, smog, asap masakan, dsb.


Kanker apa yang harus diwaspadai oleh perokok?
Kanker Paru-paru. Berikut adalah gambar paru-paru penderita kanker paru:
http://i7.photobucket.com/albums/y299/Rovani/m.jpghttp://i7.photobucket.com/albums/y299/Rovani/k.jpghttp://i7.photobucket.com/albums/y299/Rovani/d.jpg
Memang terlihat sangat ngeri tapi inilah faktanya. Paru-paru tersebut di atas sudah kehilangan 80% kemampuan mengikat oksigen karena terjadi kerusakan sel-sel paru secara menyeluruh. Seberapa sakitkah orang yang terkena kanker paru-paru? Bayangkan anda berada pada suatu kondisi tidak bisa bernapas di tambah rasa sakit yang amat sangat seperti ditusuk-tusuk oleh sebilah pedang pada paru-paru anda. Itulah gambaran sebagian penderitaan pasien paru-paru. Pada kondisi demikian, pasien seperti berada antara hidup dan mati, tak bisa bergerak, rasa sakit yang amat sangat, sungguh mengerikan bukan ? Masih mau anda merokok?
Kanker paru-paru merupakan silent killer yaitu gejala-gejala kanker paru seperti sesak napas, batuk berkepanjangan baru akan timbul ketika kanker sudah menginjak stadium akhir. Artinya perokok tidak akan sadar bahwa dirinya terkena kanker sejak usia muda. Masa laten kanker ini adalah 20-25 tahun. Jadi apabila anda sudah merokok pada usia 15 tahun maka pada usia 35/40 tahun, kanker paru kemungkinan besar akan anda derita.

Lalu, bagi orang yang sudah terlanjur kecanduan merokok, bagaimana agar terhindar dari penyakit mematikan ini?
Solusi yang paling bijak adalah anda harus 100% berhenti merokoK. Tapi nyatanya, ini merupakan sesuatu yang mustahil dan sangat berat bagi mereka yang sudah diperdaya oleh rokok. But Don't Worry guys, ada satu solusi lagi yang dapat digunakan yaitu dengan mengkonsumsi ANTIOKSIDAN.
AntiOksidan (AO) adalah senyawa yang dapat menetralkan radikal bebas dengan jalan melindungi sel-sel tubuh khususnya paru-paru terhadap serangan radikal bebas. Tetapi ini adalah jalan terakhir dan tidak 100% dapat menghambat atau mencegah anda terkena kanker paru melainkan mengurangi resiko anda terkena kanker.

Apa saja antioksidan yang dapat digunakan?
1. Vitamin A, C dan E. Dapat dikonsumsi dalam bentuk food suplement (Vitacimin, Xonce, Natur-E).Mekanisme kerjanya yaitu dengan jalan melindungi paru-paru terhadap oksidasi dan kerusakan oleh FR.
2. Kedelai dan produk-produknya (Tahu,tempe, oncom) mengandung senyawa Genistein yang merupakan antioksidan dan antitumor kuat, serta dapat menstimulasi sistem imun. Mekanisme kerjanya yaitu menstimulasi pulihnya sel-sel tumor menjadi sel normal khususnya pada kanker paru.Terdapat pula pada tauge.
3. Teh Hijau. Kandunagn bioflavonoid Epi-Gallo Catechin Gallat(EGCG) merupakan antioksidan terkuat yang aktivitasnya 10 kali lebih kuat dari vitamin C. (cth : Vipro-G)
4. Kurkumin yang terdapat dalam kunyit dan temulawak juga memiliki sifat antioksidan. Disamping itu,kurkumin dapat membantu lever dalam menetralkan racun-racun yang terdapat dalam asap rokok.
5. Asam laurat yang merupakan asam lemak jenuh rantai sedang dan terdapat hanya dalam Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil). Merupakan antioksidan dan bersifat menstimulasi sistem pertahanan tubuh untuk menbuang sel-sel kanker.
6. Quersetin. Terdapat pada syuran hijau, apel, bawang daun, brokoli, dan kacang panjang.
7. Lycopen. Terdapat pada pepaya, semangka merah, anggur, dan tomat.

(http://www.indotekken.com/forum/archive/index.php?t-504.html)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar