**~~ SELAMAT DATANG DI BLOG MEDDIA HERBAL KANTOR PEMASARAN DEPOK** WEB SITE RESMI: www.meddia-herbal.com** MEDDIA HERBAL; RAMUAN HERBAL KUTAI KARTANEGARA** HERBAL FOR LIFE~~**

Selasa, 10 Februari 2009

Hubungan Asam Urat dan Purin

"Penyakit asam urat disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah. Dan tingginya kadar asam urat ini disebabkan karena banyaknya mengkonsumsi makanan yang mengandung purin”


Asam urat merupakan hasil akhir dari metabolisme purin yang ada di dalam tubuh. Sedangkan purin adalah protein dari golongan nukleoprotein yang tidak begitu dibutuhkan oleh tubuh. Kadar asam urat yang tinggi menyebabkan timbulnya tofus, benjolan keras berisi semacam serbuk kapur, di bagian kaki dan tangan.

Kadar asam urat yang berlebihan dalam darah menyebabkan penimbunan kristal asam urat. Apabila penimbunan kristal itu terbentuk pada cairan sendi, maka terjadilah penyakit gout atau asam urat. Jika penimbunan itu terjadi pada ginjal, akan muncul batu asam urat ginjal yang sering disebut dengan batu ginjal.

Asam urat adalah asam hasil metabolisme protein berupa asam-asam inti yang terdapat dalam inti sel. Setelah mengalami berbagai proses biokimia akan menjadi oksida purin. Purin sendiri merupakan salah satu turunan asam ammo. Oksidasi purin ini di metabolisme lagi oleh suatu enzim dan menghasilkan produk akhir yaitu asam urat. Jadi Asam Urat adalah hasil akhir dari metabolisme tubuh dari bahan purin. Asam Urat menjadi masalah bila ekresi atau proses pembuangan tidak terjadi dengan baik. Hal ini terjadi karena ginjal mengalami gangguan fungsi. Ginjal tidak rusak tapi kemampuannya membuang asam urat kurang. Hal ini biasanya karena faktor keturunan. Oleh sebab itu bila ada gangguan fungsi ginjal, kadar asam urat dalam darah akan meningkat atau disebut sebagai hiperurisemia. Selain dibuang lewat ginjal (70%) dalam bentuk urin, asam urat yang berasal dari makanan dan metabolisme tubuh ini dikeluarkan juga melalui usus yaitu 30%.

Kadar asam urat darah yang dianggap normal rata-rata 5-7 mg% (6,5 mg% batas tinggi pria dan 5,5 mg% pada wanita). Sekitar 50% asam urat dalam tubuh berasal dari asupan makanan. peningkatan kadar asam urat dalam darah ini bisa juga terjadi karena asupan makanan yang mengandung purin yang berlebihan. Bahan makanan yang mengandung purin yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah antara lain daging, hati, ikan, sayuran, seperti kangkung, kacang-kacangan serta minuman seperi kopi dan alkohol.

Berikut beberapa makanan yang mengandung kadar purin tinggi :

- ikan teri asin/tawar
- ikan sarden atau makanan yang diawetkan
- ginjal dan otak sapi
- daging, jeroan (usus, hati, jantung, paru, limpa, usus dll)
- tiram/jenis kerang-kerangan
- daging dengan kadar lemak tinggi seperti puyuh
- produk olahan susu seperti mayonaise

Selain di atas juga burung, bebek, sea food, ikan, sayuran kol, buncis dan jenis kacang-kacangan yang kering seperti kacang tanah. “Tapi purin paling banyak terdapat dalam jeroan,”

Asam urat sangat mudah mengkristal/menumpuk bila purin tidak di metabolisme secara sempurna. Kristalisasi asam urat sering terjadi pada persendian itulah yang menyebabkan munculnya penyakit rematik gout/pirai atau encok.Timbunan atau kristal ini akan menimbulkan reaksi radang bila tercetus oleh trauma seperti benturan, stress dan suhu dingin. Kadar asam urat darah yang dianggap normal rata-rata antara 5-7 mg%(605 mg% batas tinggi pria dan 5.5 mg% pada wanita). Pengkristalan biasanya terjadi jika kadar asam urat darah sudah mencaopai 9-10 mg%. Pada sebagian penderita kadar asam urat yang berlebihan dapat tertimbun dalam jaringan ginjal dan membentuk batu ginjal kadang-kadang juga di temukan batu dalam kandung kemih.Hal ini akan mengganggu fungsi ginjal dan kadang kadang timbul nyeri hebat pada daerah pinggang.

Arthritis gout ini di sebabkan oleh meningkatnya kadar asam urat darah yang telah berlangsung bertahun-tahun. Jika kadar asam urat terus menerus tinggi, bisa mengakibatkan reumatik gout kronis dimana serangan akan terus menerus terjadi dan tidak ada lagi masa bebas serangan. Reumatik gout akut juga bisa terjadi karena fluktuasi atau naik turunnya kadar asam urat darah secara tiba-tiba. Dan ini pulalah yang bisa menyebabkan lambatnya proses penyembuhan.
Secara garis besar dapat dikatakan bahwa ada dua kondisi dimana artritis gout muncul :

* Kondisi organ normal namun produksi asam urat berlebih
* Produksi asam urat normal namun ada gangguan organ dalam seperti ginjal


Terjadinya kelebihan asam urat di dalam tubuh ini dapat disebabkan oleh dua hal, yaitu produksi yang berlebihan dan pengeluaran asam urat yang turun. Produksi asam urat berlebihan ini terjadi karena komsumsi makanan yang tinggi purin, alkohol dalam jumlah yang banyak dan lama, kegemukan dan penyakit tertentu. ”Sedangkan pengeluaran asam urat melalui air seni yang berkurang terjadi akibat adanya penyakit ginjal, obat-obatan, kurang minum dan lain-lain.

Gejala dan tanda-tanda radang sendi karena asam urat (Artitis Gout)
Pada umumnya lokasi munculnya serangan rasa nyeri, bengkak, merah, panas bila di raba dan terganggunya fungsi sendi hanya pada satu tempat yakni pada pangkal ibu jari kaki (70-80 persen). Meskipun demikian serangan ini bisa juga terjadi pada persendian lain seperti pergelangan kaki, punggung kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, tangan atau jari tangan.

Serangan artritis gout yang mendadak, ditandai dengan sendi bengkak, panas dan kemerahan, pada satu sendi (monoartritis) dan mencapai puncaknya dalam 24 jam pertama, serta dapat sembuh sendiri dalam 3-10 hari.
”Sendi yang terserang biasanya pada sendi pangkal ibu jari kaki yang disebut Podagra. Sendi lain yang bisa terserang adalah pergelangan kaki, tumit, lutut, pergelangan tangan , jari-jari tangan dan siku,” Penelitian dilakukan dengan menambahkan kristal monosodium urat kalau diamati dengan mikroskop polarisasi berbentuk seperti jarum, sehingga wajar kalau dirasakan sangat nyeri.

Selain pada sendi serangan bisa juga terjadi pada jaringan dalam yakni ginjal yang kemudian menyebabkan munculnya penyakit kencing batu. Pada tahap yang lebih parah (timbunan kristal urat atau thopi semakin banyak) selain menyebabkan hancurnya struktur sendi juga bisa merusak struktur jaringan bawah kulit. Thopi tampak seperti benjolan kecil berwarna pucat yang muncul pada daun telinga, bagian punggung lengan, bagian samping mangkok sendi lutut dan pada tendon Archilles. Bila kadar asam urat darah tidak terkontrol, thopi bisa makin membesar dan menyebabkan kerusakan sendi dan koreng. Koreng yang muncul bisa mengeluarkan cairan kental seperti kapur yang mengandung kristal monosidium urat monohidrat (MSU). Umumnya thopi muncul pada tahap kronik yakni bila penderita telah menderita rematik gout lebih dari sepuluh tahun dan tidak mendapat pengobatan yang baik sehingga kadar asam urat darahnya sering dalam kondisi tinggi.


Tahapan Artitis Gout/Rematik/Encok
1. Tahap Asimtomatik
Kadar asam urat darah meningkat tapi tidak menimbulkan gejala. Selanjutnya encok menyebabkan tekanan darah tinggi atau sakit punggung sakit berat.

2. Tahap Akut
Serangan akut pertama datang tiba-tiba dan cepat memuncak. Umumnya serangan pertama kali terjadi pada tengah malam atau menjelang pagi. Serangan itu berupa rasa nyeri yang hebat pada pangkal ibu jari kaki. Rasa nyeri ini timbul secara mendadak dan didahului oleh keluhan lain. Rasa nyeri ini begitu hebat sehingga bila bagian yang sakit bila tersentuh bahkan selimut yang lebmbut pun akan terasa sakit. Rasa nyeri tersebut mencapai puncaknya dalam waktu 24 jam dan perlahan-lahan akan sembuh spontan dan menghilang dengan sendirinya dalam waktu dua minggu.

3. Tahap Interkritikal
Penderita dapat kembali bergerak normal serta melakukan berbagai aktivitas seperti olahraga tanpa rasa sakit sama sekali. Kalau rasa nyeri pada serangan pertama itu hilang bukan bererti penyakit itu sembuh total, biasanya beberapa tahun kemudian akan ada serangan kedua.

4. Tahap Kronik
Terjadi bila penyakit diabaiakan sehingga menjadi akut.


Faktor Resiko

Pria mempunyai resiko tinggi terkena penyakit ini, sekitar 90% penderita penyakit ini adalah kaum pria. tapi tidak semua orang dengan asam urat tinggi akan mengalami arthritis gout karena tidak semua rematik disertai dengan asam urat tinggi. Orang yang potensial menderita penyakit ini adalah mereka yang termasuk :
- peminum alcohol, alkohol meningkatkan kadar asam urat dalam darah
- mempunyai riwayat keluarga berpenyakit rematik gout
- berat badan berlebih
- kurang minum air putih
- memiliki gangguan ginjal dan tekanan darah tinggi

Pencegahan dan pengobatan agar tidak timbul rematik penting untuk dilakukan sejak muda. Olahraga rutin seperti renang, naik sepeda karena olahraga ini merupakan olahraga terbaik karena dapat menggerakkan semua sendi, senam aerobik teratur yang tidak terlalu memben=bani badan sebaiknya dilakukan.
Untuk rematik karena asam urat menjaga kaar asam urat adalah penting. Kadar asam urat harus dijaga agar tetap stabil yaitu 5 mg% untuk mencegah terjadi komplikasi berat akibat asam urat. Konsumsi protein yang aman 50-60 gram perhari oleh karena itu hindari makanan yang mengadung purin tinggi.

1. Hati, ginjal, jantung, limpa, paru-paru, otak, sarden, kaldu daging, roti 150-180 mg purin –> tidak boleh disantap
2. Daging, ikan, kerang, kacang-kcangan, buncis, kembang kol, bayam, jamur 50-150 mg –>harus dibatasi
3. sayuran, buah-buahan, susu, keju, telur dan serealea 0-15 mg purin —> sangat disarankan

Berikut beberapa petunjuk praktis diet rendah asam urat dari dr Qimi:
• Minum lebih banyak air untuk membantu pembuangan asam urat oleh ginjal.
• Kurangi berat badan.
• Makan dengan teratur.
• Makan diet berimbang dengan memperbanyak porsi sayur dan buah-buahaan.
• Batasi kopi, teh, minuman beralkohol dan cokelat.
• Batasi bahan makanan yang tinggi purin.

Apakah yang dimaksud dengan purin yang sering disebut di atas? Purin merupakan cikal bakal dari pembentukan asam urat setelah diolah di tubuh. Berikut ini beberapa contoh lain pengelompokan bahan makanan berdasar kadar purin:
1. Purin tinggi (100- 1000 mg/100gr bahan makanan) sebaiknya dihindari: otak, hati, jantung, ginjal, jeroan, bebek, ikan sarden, makarel, kerang.
2. Purin sedang (9- 100 mg/100gr bahan makanan) dibatasi: maksimal 50-75gr daging atau ikan, 100gr sayur. Daging sapi, ikan, ayam, udang, kacang kering, tahu, tempe, asparagus,
bayam, daun singkong, kangkung, biji melinjo.
3. Purin rendah (dapat diabaikan) boleh dimakan setiap hari : Nasi, ubi, jagung, roti, sayur dan buah (kecuali pada kelompok 1 & 2), minyak, gula, tepung, susu.


Untuk penderita asam urat memang harus sangat hati-hati dengan makanan yang banyak mengandung purin. so..harus lebih selektif dalam memilih makanan.

Sumber : dari berbagai literatur

4 komentar:

Dewi mengatakan...

saya pernah mendengar juga tentang purin yang berakibat pada asam urat. tapi, apakah purin yang dimaksud sama dengan purin dari golongan basa-basa DNA (selain pirimidin)

Piet mengatakan...

iya benar mbak dewi,
Purin (dan piramidin) adalah senyawa dalam DNA, dimana DNA merupakan bagian utama dari inti sel. Sedangkan Asam urat merupakan hasil akhir dari metabolism purin. Pengobatan dengan herbal ditujukan untuk menurunkan produksi asam urat dengan memperbaiki metabolisme tubuh, meningkatkan pembuangan asam urat dengan obat herbal yang diuretikum, mengurangi sakit (analgesik) dan mengurangi pembengkakan (anti inflamasi). Produk MEDDIA Herbal yang dapat digunakan untuk pengobatan asam urat adalah BANDRUX, namun jika kadar kolesterol dalam darahnya tinggi maka dapat menggunakan GISAK.

Anonim mengatakan...

dimana kita bisa mendapatkan BANDRUX dan GISAK

Piet mengatakan...

Silakan hubungi nomor hp 081381333368, nanti bisa diarahkan ke agen herbal terdekat dengan lokasi tinggal Bapak/Ibu. Demikian.

Posting Komentar